Jumat, 03 Juni 2011

BIOGAS


Isu semakin langkanya bahan bakar mineral mendorong manusia untuk menemukan sumber energi alternatif yang murah, mudah dan ramah lingkungan. Entah kapan cadangan minyak bumi dunia akan habis, kini harus segera ditemukan sumber energi alternatif yang dapat menggantikan minyak bumi. Sumber energi alternatif yang dicari adalah sumber energi yang mudah dan cepat produksinya serta ramah lingkungan.
Sumber energi yang dapat dikembangkan salah satunya adalah biogas. Biogas dapat dibuat dengan cara yang mudah dan murah. Bahan-bahan yang dibutuhkan untuk membuat biogas yang saya buat  tergolong murah. Bahan baku biogas ini adalah kotoran sapi, sedangkan reaktornya cukup dibuat dari plastik kantong yang berukuran besar.
Berikut ini adalah bahan-bahan yang diperlukan untuk membuat biogas:
1.          Plastik kantong 7 meter
2.         Pipa PVC ¾”
3.         Pipa PVC 3”
4.         Pipa PVC ½”
5.         Sambungan PVC ½”
6.         Sambungan T ¾”
7.         Sambungan Siku 3”,  ¾” dan ½”
8.         Ember plastik
9.         Sock drat luar dan dalam ¾” dan ½”
10.       Selang 5/8”
11.       Stop kran ¾”, ½”
12.       Pipa besi
13.       Terpal
14.       Tong plastik
Reaktor biogas terdiri dari gester sebagai tempat tampungan kotoran sapi yang telah diaduk. Tabung gas juga dibuat dari plastik kantong, sedangkan kompor dapat dibuat sendiri dari pipa besi yang telah dimodifikasi. Berikut ini adalah bagian-bagian pada reaktor biogas yang saya buat:
a.         Pengaduk
Pengaduk ini terdiri dari tong plastik. Jadi kotoran sapi yang telah dibersihkan dari sisa-sisa makanan/rumput diaduk dalam tong dan kemudian dimasukkan ke dalam gester melalui pipa input
b.         Gester
Gester dibuat dari kantong plastik besar sepanjang 4 meter. Semakin panjang gester semakin bagus karena semakin banyak kotoran sapi yang dapat ditampung sehingga gas yang dihasilkan juga semakin banyak. Di ujung-ujung gester diberi pipa PVC 3” sebagai jalan masuknya kotoran sapi dan keluarnya limbah. Di bagian tengahnya dihubungkan dengan pipa PVC menuju ke tabung gas.
c.         Tabung gas
Tabung gas berfungsi untuk menampung gas yang dihasilkan. Tabung ini dibuat dari kantong plastik sepanjang 3 meter yang diletakkan di atas gester. Semakin besar ukuran tabung, maka semakin banyak gas yang dapat ditampung.
d.         Filter
Filter ini berfungsi untuk memisahkan uap air dan gas metana dengan metode kondensasi. Tujuan pemisahan uap air ini adalah agar panas yang dihasilkan dapat maksimum.
e.         Kompor
Kompor biogas saya buat dari pipa besi yang dimodifikasi. Untuk mengatur besar kecilnya api digunakan stop kran.
Berikut ini adalah skema reaktor biogas yang saya buat.
 

Hanya dalam waktu 3-4 minggu biogas sudah dapat digunakan. Limbah kotoran sapi yang digunakan untuk pembuatan biogs dapat dimanfaatkan sebagai pupuk.
 filter

 gester

 kompor

 pengadukan

 pengisian

 tabung plastik

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar